Minggu, 08 Januari 2017

Perbedaan IFRS & GAAP

PENDAHULUAN

IFRS telah diadopsi sebagai prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP) untuk perusahaan yang terdaftar di banyak negara di seluruh dunia dan diterima untuk tujuan cross-listing oleh sebagian besar bursa saham utama. Dengan semakin bertambahnya vengadopsian IFRS, akuntan diminta untuak mempersiapkan dan mengaudit, dan para pengguna laporan keuangan menemukan kebutuhan/keperluan untuk membaca dan menganalisis, laporan keuangan berbasis IFRS.
            Akuntansi internasional standar komite (IASC) mengeluarkan total 41 standar akuntansi internasional (IAS) selama periode 1973-2001. sebelas dari standar ini telah direvisi satu kali atau lebih. sejak tahun 2001, IASB telah mengeluarkan delapan standar pelaporan keuangan internasional (SAK/IFRS).
            Pada bulan september 2002, IASB dan badan standar akuntansi keuangan US (FASB) sepakat untuk bekerja sama untuk mengurangi perbedaan antara IFRS dan US GAAP. tujuan dari yang juga disebut Persetujuan Norwalk (Norwalk Agreement) adalah untuk membuat dua set standar yang ada compitable sesegera mungkin dan untuk mengkoordinasikan proyek-proyek masa depan untuk memastikan bahwa, sekali tercapai, kompatibilitas/kesesuaian dipertahankan. bab ini menggambarkan panduan yang diberikan oleh IFRS dan perbandingan dengan US GAAP untuk menunjukkan perbedaan dan kesamaan antara dua set standar. dengan cara ini kita bisa mulai menghargai dampak pemilihan antara dua set standar miliki terhadap laporan keuangan.

A. PENGERTIAN IFRS  (International Financial Accounting Standard)
IFRS merupakan standar akuntansi internasional yang diterbitkan oleh International Accounting Standard Board (IASB). Standar Akuntansi Internasional (International Accounting Standards/IAS) disusun oleh empat organisasi utama dunia yaitu Badan Standar Akuntansi Internasional (IASB), Komisi Masyarakat Eropa (EC), Organisasi Internasional Pasar Modal (IOSOC), dan Federasi Akuntansi Internasioanal (IFAC).
Saat ini merupakan bagian akuntansi yang diperlukan dalam lebih dari 120 negara. Hal ini membutuhkan usaha untuk melaporkan hasil keuangan mereka dan posisi keuangan menggunakan aturan yang sama, ini berarti bahwa, kecuali ada manipulasi penipuan, ada keseragaman yang cukup besar dalam pelaporan keuangan dari semua bisnis yang menggunakan IFRS, yang membuatnya lebih mudah untuk membandingkan dan kontras hasil keuangan mereka.

B.  PENGERTIAN GAAP (Generally Accepted Accounting Principles )
GAAP adalah singkatan dari Generally Accepted Accounting Principles atau Prinsif-prinsif  Standar Akuntansi Keuangan berlaku umum. GAAP adalah  standar umum akuntansi dan perusahaan go public yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun, dan yang digunakan oleh bisnis untuk mengatur informasi keuangan mereka menjadi catatan transaksi akuntansi yang ringkas dalam pelaporan keuangan, serta mengungkapkan informasi pendukung tertentu.


Perbedaan GAAP dengan IFRS
IFRS (International Financial Reporting Standards) dan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles) menggunakan cara yang sama dalam menganalisa, mencatat dan mengelompokkan transaksi sebagai akibat dari transaksi bisnis. Salah satu perbedaan antara IFRS dan GAAP adalah format laporan keuangan.
Laporan keuangan yang disiapkan menggunakan IFRS dan GAAP menggunakan elemen yang sama yaitu aset, kewajiban, pendapatan, biaya dan seterusnya.
Perbedaan antara GAAP dan IFRS antara lain:

GAAP:
IFRS:
Urutan Laporan:
Assets, Liabilities, Stockholders Equity
Assets, Stockholders Equity, Liabilities
Urutan pada Assets:
Current,NonCurrent
NonCurrent, Current
Urutan pada Liabilities:
Current,NonCurrent
NonCurrent, Current
COGS
FIFO, LIFO, Average
FIFO, Average
Diff COGS with Diff Item
Allow
Satu tipe COGS untuk semua item
Pada balance sheet ini GAAP akan memulai dengan aset lancer (current) diikuti aset tidak lancer (Noncurrent), begitu juga dengan kewajiban (liabilities) disajikan dari lancar ke tidak lancar.
Pada IFRS disusun terbalik yaitu IFRS akan memulai dengan aset tidak lancar kemudian diikuti aset lancar, begitu juga dalam kewajiban (liabilities) akan disajikan dari tidak lancar ke lancar.
IFRS lebih menekankan kepada sumber pembiayaan jangkap panjang dengan meletakkan Modal (Stockholders Equity) sebelum kewajiban, dan juga pada kewajiban menekankan kewajiban jangka panjang.
Terkait dengan pengelompokan expenses pada Income Statement:
GAAP: Perusahaan dapat mengelompokkan ke divisi bisnis seperti produksi, RND, Marketing, General Operations.
IFRS: Perusahaan dapat mengelompokkan ke dalam fungsi misalnya gaji, sewa, perlengkapan, listrik dan lain-lain.
Perbedaan Spesifik antara IFRS dengan US GAAP

Perbedaan terbesar antara US GAAP dan IFRS adalah bahwa keseluruhan menyediakan kurang detail. panduan tentang pengakuan pendapatan, misalnya, secara signifikan lebih kecil dari GAAP luas. IFRS juga mengandung relatif sedikit instruksi spesifik industri.
Karena proyek yang sudah berjalan lama konvergensi antara IASB dan FASB, sejauh mana perbedaan spesifik antara IFRS dan GAAP telah mengecil.. Namun perbedaan yang signifikan lakukan tetap, paling salah satu dari yang dapat menghasilkan hasil yang dilaporkan sangat berbeda, tergantung pada perusahaan industri dan individu fakta-fakta dan keadaan.Contoh:FRS tidak mengizinkan Last In, First Out (LIFO).
·         IFRS menggunakan metode langkah tunggal untuk write-downs kerusakan daripada langkah kedua metode yang digunakan dalam US GAAP, membuat write-downs lebih mungkin.
·         IFRS memiliki batas probabilitas yang berbeda dan pengukuran objektif untuk kemungkinan.
·         IFRS tidak mengizinkan utang untuk pelanggaran perjanjian yang telah terjadi harus diklasifikasikan sebagai non-arus pengabaian kecuali kreditur diperoleh sebelum tanggal neraca.
Kerangka konseptual pelaporan keuangan yang kita kenal selama ini sebagaimana yang diadopsi dalam buku ajar di kampus-kampus adalah kerangka konseptual berdasarkan USGAAP. Sejalan dengan konvergensi International Financial Reporting Standar (IFRS) kedalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), mau tidak mau kita harus merubah mindset kita mengikuti kerangka konseptual IFRS tersebut.
Ada beberapa perbedaan dasar antara kedua standar tersebut sebagaimana dijelaskan dalam tabel-tabel dibawah ini. Pada dasarnya batang tubuh kerangka konseptual tersebut masih sama, yaitu level 1: tujuan laporan keuangan, level 2: karakteristik kualitatif dan element laporan keuangan, dan level 3: Asumsi dasar, Prinsip dan kendala.

Berikut adalah Perbedaan keduanya:

Level 1: Tujuan Laporan Keuangan:
US GAAP
IFRS
·  Menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan investasi dan kredit.
·  Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi
·  Menyediakan informasi yang berguna untuk memprediksi jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas masa depan perusahaan
   · Pengguna adalah investor, karyawan, pemberi pinjaman, pemasok dan kreditor usaha lainnya, pelanggan, pemerintah dan masyarakat.
·  Menyediakan informasi tentang sumber daya ekonomi, klaim terhadap sumber daya tersebut, dan perubahan terhadap keduanya.













Level 2: Karakteristik Kualitatif Informasi Akuntansi

US GAAP
IFRS
Relevan – terdiri dari:
· Nilai prediksi – membantu pengguna memprediksi hasil dari kejadian masa lalu, saat ini dan masa depan.
·  Nilai umpan balik – membantu pengguna mengkonfirmasi dan membetulkan nilai prediksi sebelumnya.
·  Tepat waktu – tersedia sebelum kehilangan kapasitas untuk mempengaruhi keputusan
Relevan – terdiri dari:
· N Nilai prediksi
·     Nilai konfirmasi
·     Materialitas
Dapat dipercaya – terdiri dari:
· Disajikan dengan jujur dan netral
·     Dapat diferivikasi
Dapat dipercaya – terdiri dari:
       1. disajikan dengan jujur
       2. Netral       
       3. Substansi mengungguli bentuk
·    4.Kehati-hatian (dimana ada ketidakpastian, kesalahan dalam menyediakn informasi dan menjamin adanya konservatisme.
·     5. Kelengkapan
Dapat dibandingkan
Dapat dibandingkan
Konsisten



Level 2: Element Laporan Keuangan
US GAAP
IFRS
Aset
Kewajiban
Ekuitas
Investasi pemilik
Distribusi kepada pemilik
Laba komprehensif
Pendapatan
Keuntungan
Beban
Kerugian
Aset
Kewajiban
Ekuitas
Pemeliharaan modal (diperoleh dari revaluasi asset dan kewajiban)
Laba (Pendapatan dan keuntungan)
Beban (beban dan kerugian)
Level 3: Pengakuan dan pengukuran – Asumsi dasar
US GAAP
IFRS
1.     Kelangsungan usaha
2.     Entitas ekonomi
3.     Unit moneter
4.     Periodisitas
1.     Kelangsungan usaha
2.     Basis akrual

Level 4: Pengakuan dan pengukuran – Prinsip
US GAAP
IFRS
1.     Biaya historis
2.     Pengakuan pendapatan
3.     Kesesuaian
4.     Pengungkapan penuh
1.      Biaya historis
2.     Biaya sekarang (apa yang harus dibayar hari ini untuk mendapatkan aset.)
3.    Nilai realisasi (jumlah kas yang dapat diperoleh saat ini jika asset dilepas
4.       Nilai wajar
5.       Pengakuan pendapatan
6.       Pengakuan beban
7.       Pengungkapan penuh

Level 5: Pengakuan dan pengukuran – Kendala
US GAAP
IFRS
1. Biaya dan manfaat
2. Materialitas
3. Praktik Industri
4. Konservatisme
1.     Keseimbangan antara biaya dan manfaat
2.     Tepat waktu
3.     Keseimbangan antara karakteristik kualitatif

Sebagaimana diatur dalam IAS 32 & 39 dan IFRS 7 & 9, maka secara ringkas dapat dilihat pada perbedaan dan persamaan IFRS dengan GAAP, yaitu sebagai berikut:
1.            IFRS dan GAAP untuk debt securities memiliki perlakuan akuntansi yang sama
2.            IFRS dan GAAP menggunakan pengujian yang sama untuk menentukan apakah methode equity digunakan yaitu berdasarkan pengaruh yg signifikan dg patokan lebih dari 20% kepemilikan.
3.            Reklasifikasi securities adalah sama antar keduanya.
4.             Dasar konsolidasi, IFRS dan GAAP mendasarkan pada persentasi kepemilikan (50%)
5.             IFRS dan GAAP sama dalam akuntansi untuk pemilihan Fair Value yaitu pilihan
6.             Menggunakan fair value harus dilakukan di awal pengakuan.
7.            GAAP tidak mengizinkan reversal untuk beban impairment yang telah terjadi untuk
8.            “available for sale debt and equity securities”.
9.            IFRS tidak mengizinkan hal yg sama untuk “available for sale equity ”, namun
10.           Mengizinkan reversal untuk “available for sale debt securities” dan “held-tomaturity securities”.


















http://kambingterbang26.blogspot.co.id/2013/03/jenis-perbedaan-antara-ifrs-dengan-us_1235.html

2 komentar:

  1. Perbedaan paling mencolok GAAP dengan IFRS adalah pada metode penilaian aktiva tetap dimana IFRS fair value sementara GAAP biaya historis

    BalasHapus
  2. Casino Tycoon in Atlantic City | jtmhub.com
    Casino Tycoon in Atlantic City 포천 출장샵 is 양주 출장샵 a casino & hotel that 익산 출장샵 is located near 김천 출장안마 in the U.S. casino-roofs. Casino Tycoon in Atlantic City has been added 광주광역 출장샵 to the

    BalasHapus